Sabtu, 01 November 2014

Mengenal perbedaan antara tipe Malware

Disini akan dijelaskan tentang perbedaan tipe Malware. Secara umumnya orang awam menyebutnya semua itu virus. Ada tiga jenis malware,  yaitu : virus, worm,  trojan.

Apa itu Malware?
Malware adalah perangkat lunak berbahaya, sebuah program yang disalahgunakan untuk mencuri data, merusak data, ataupun menggunakan komputer sendiri atau komputer orang lain. Malware adalah trojan, virus, dan worm.

Payload
Payload adalah sebuah 'kargo' malware  yang di-unload ketika dijalankan atau ketika waktu tertentu. Kebanyakan payload merusak data, menghubungkan pengguna ke botnet atau membuat komputer tidak bisa digunakan. 
ContohWorm.Email.Gruel, Virus.CIH,  trojan.backdoor.darkcomet

1. Virus 

Sama seperti virus biologis, virus komputer mencoba untuk menginfeksi host dengan menyuntikkan kode ke file lain, dengan cara ini virus bereplikasi sehingga dirinya mengeksekusi setiap kali user menjalankan file yang terinfeksi, tidak seperti malware lainnya, virus membutuhkan keberadaan manusia untuk bekerja, pertama, pengguna harus mengaktifkan file penginfeksi dan kemudian meluncurkan program lain, masing-masing untuk virus untuk menginfeksi, jika pengguna tidak menekan apa-apa virus tidak berjalan kecuali file yang terinfeksi virus sudah berjalan, masing-masing virus memiliki muatan yang dieksekusi pada tanggal tertentu atau langsung.

2. Worm

Sebuah worm komputer juga merupakan sebuah program replikasi diri yang mencoba untuk menyebarkan dirinya menggunakan replikasi itu, tidak seperti virus, worm tidak memodifikasi file dan menghancurkan mereka, worm tidak perlu eksistensi manusia untuk bekerja, setelah worm dijalankan, dia  bisa berfungsi sendiri. 
      Worm mengkonsumsi banyak bandwidth karena mereka berusaha untuk menyebar menggunakan jaringan, worm sering menginstal backdoors di komputer untuk menghubungkan komputer ke botnet atau RAT. worm sering menghapus file dalam sistem untuk tetap tidak terdeteksi atau menghancurkan  komputer.


3. Trojan

Sebuah trojan datang sebagai program yang sah dan  muncul seperti program reguler, Anti-Virus, sebuah update windows atau bahkan alat hacking, eksekusi terhadap program-program tersebut akan menjatuhkan payload yang sangat berbahaya, itu bisa apa saja, dari mengganggu pengguna dan menghubungkan dia untuk botnet tanpa pengakuan atau mengenkripsi  file pengguna dan meminta tebusan bagi decrpytion (CryptoLocker, CryptoBit).



Sumber :
https://evilzone.org/tutorials/(tut)-understanding-the-difference-between-different-types-of-malware/








Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar